Minggu, 24 Januari 2010

PEMANFAATAN GPS PADA BIDANG OTOMOTIF

Bicara tentang GPS tentu hal ini bagi sebagian kalangan bukan hal yang asing lagi, namun tidak sedikit juga diantara kita yang mengerti apa si sebenarnya yang GPS tersebut. Baiklah sebelum kita berbicara tentang Pemanfaatan GPS Pada Bidang Otomotif kita sejenak akan membahas tentang apa sebenarnya GPS tersebut. GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit. Nama formalnya adalah NAVSTAR GPS, kependekan dari" NAVi-gation Satellite Timing and ranging Global Positioning System " . GPS Satelit merupakan buatan Amerika dan pertama kali dipergunakan hanya oleh militer Amerika, akan tetapi sekarang ini GPS sudah dapat dipergunakan oleh siapa saja sebatas penggunaan saja. Amerika mengorbitkan 29 satelit secara bertahap, dan sekarang hanya tersisa 24 yang masih berfungsi dengan baik. Dan hingga saat ini penggunaan GPS tidak dikenakan biaya.
Ketinggian satelit GPS sendiri sekitar 11.000 mil diatas permukaan bumi, hal ini banyak manfaatnya, Karena segala sesuatu yang berada jauh dari permukaan bumi maka akan bebas dari gangguan lapisan atmosphere. Artinya Satelit GPS dapat berorbit dengan mudah dan dapat dihitung secara matematis sederhana karena tidak banyak factor yang mempengaruhi. Dengan bantuan pesawat ulang alik, masing-masng satellite GPS telah ditempatkan pada masing-masing orbital dengan sangat tepat, disesuaikan dengan master plan atau rencana awal penempatan satelit GPS. Di permukaan bumi, semua receiver GPS telah memiliki program alamat masing-masing satelit GPS, sehingga bisa tahu posisi masing-masing satelit GPS berada dari waktu ke waktu.
Sampai saat ini kita telah mampu mengatasi atau membuat perhitungan dan menggambarkan posisi GPS secara nyata, karena satelit GPS bergerak di ruang hampa udara. Tetapi pada kenyataannya, banyak hal yang dapat terjadi dan berakibat pada sinyal GPS itu sendiri dan berakibat berkurangnya masa aktif GPS dari masa aktif atau umur yang diperhitungkan secara matematis. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sebuah system GPS contohnya di toko GPS, maka receiver GPS yang baik memerlukan atau perlu ditambahkan factor-faktor kemungkinan kesalahan yang beragam.
Konsep teknologi GPS sudah sangat maju dan menjadi peralatan untuk berbagai kegiatan. Hal ini sebenarnya sudah melampaui tujuan awal dibangunnya sistem GPS anda bias liat di took GPS. Sekarang ini, para ilmuwan, olahragawan, petani, tentara, pilot, surveyor, para pendaki gunung, para pelaku jasa pengiriman barang, pelaut, pemadam kebakaran dan lain-lain sudah terbiasa hidup dengan GPS. GPS telah membuat mereka bekerja lebih produktif, aman bahkan menjadi lebih mudah.
Aplikasi penggunaan receiver GPS bisa kita golongkan menjadi 5 kategori penggunaan sebagai berikut :
• Location : untuk menentukan lokasi suatu titik atau posisi
• Navigation : untuk memudahkan bergerak dari suatu lokasi ke lokasi yang lain
• Tracking : melakukan monitoring benda berjalan, orang, atau hal lainnya yang sudah kita tentukan dari objeknya
• Mapping : untuk membuat peta
• Timing : untuk mendapatkan ketelitian waktu

Nah dari penjelasan diatas tentu setidaknya masing-masing kita telah bisa mengambil kesimpulan apa dan bagaimana GPS sendiri, baiklah kita baru akan membahas apa sich manfaat dari GPS itu sendiri dalam bidang Otomotif. Berdasarkan aplikasi penggunaan GPS tentu kita sudah sedikit mendapat bayangan , yah diantara saja dengan menggunakan Teknologi / Aplikasi penerapan dari GPS seorang pengguna kendaraan bisa dimana mengetahui posisinnya saat berkendara, apa lagi bila seseorang tersebut tidak tau sama sekali diman dari berada tentu dengan pemanfaatan GPS ini dia akan dengan mudah bisa mengatahunya. Selain itu juga dengan adanya penggunaan teknologi GPS ini pada mobil atau pun kendaraan Motor lain seorang pengguna akan dengan mudah mengetahui secara jelas peta keberadaannya dan bisa mengetaui arah yang akan di tuju, tentunya tak lupa pula ia juga akan bisa mendapatkan waktu yang akurat juga.
Apa lagi di kota besar seperti Jakarta dimana setiap pengendara di pusingkan dengan kemacetan yang mereka hadapi setiap hari, tentu hal hal ini dapat membuat semua rencana yang telah di rencanakan secara matang akan menjadi berantakan karena hal tersebut, sekali lagi GPS memegang peranan penting dalam hal ini, dengan adanya pemanfaatan GPS pada kendaraan mereka tentu akan memberikan alternative jalur mana yang yang harus di tempuh bila jalur yang biasa di lalui selalu menghadapi kemacetan. Begitu juga pada saat musim mudik dengan pemanfaatan GPS akan sangat membantu sekali setiap orang yang akan melakukan perjalanan akan senantiasa siaga terhadap segala sesuatu yang akan manjadi halangan mereka saat bermudik tentu tak salah lagi dengan menggunakan teknologi GPS dengan Tracking dan Mappingnya. Semoga saja dengan hadirnya GPS ini akan sangat membantu kita.


Tidak ada komentar: